Jumat, 12 September 2014

Ekspor dan Impor

Telepon seluler (ponsel) atau telepon genggam (telgam) atau handphone (HP) atau disebut pula adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel. Beberapa pertanyaan yang diajukan oleh Edo dan teman-teman di antaranya sebagai berikut.
  1. Di mana kita dapat membeli telepon genggam itu?(telepon genggam dapat di beli di toko elektronik atau toko yang khusus menjual Telepon genggam)
  2. Apa sajakah fungsi telepon genggam itu? (Selain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon, ponsel umumnya juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (short message service, SMS). Ada pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara yang menyediakan layanan generasi ketiga (3G) dengan menambahkan jasa videophone, sebagai alat pembayaran, maupun untuk televisi online di telepon genggam mereka. Sekarang, telepon genggam menjadi gadget yang multifungsi. Mengikuti perkembangan teknologi digital, kini ponsel juga dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur, seperti bisa menangkap siaran radio dan televisi, perangkat lunak pemutar audio (MP3) dan video, kamera digital, game, dan layanan internet (WAP, GPRS, 3G). Selain fitur-fitur tersebut, ponsel sekarang sudah ditanamkan fitur komputer. Jadi di ponsel tersebut, orang bisa mengubah fungsi ponsel tersebut menjadi mini komputer. Di dunia bisnis, fitur ini sangat membantu bagi para pebisnis untuk melakukan semua pekerjaan di satu tempat dan membuat pekerjaan tersebut diselesaikan dalam waktu yang singkat.)
  3. Di mana telepon genggam itu dibuat?(Ada 2 pabrik yang mulai memproduksi ponsel jenis smartphone yakni Axioo dan Polytron. PT Tera Data Indonusa, produsen elektronik dengan merek Axioo memiliki 2 pabrik yang terletak di Sunter dan Cakung Jakarta Utara. POLYTRON memiliki 3 pabrik, di Kudus Krapyak, di Kudus Sidorekso (2009) dan di Sayung Semarang. Sedangkan merek yang lain dibuat di luar negeri. Misalnya : Ponsel merk asal dari negara Indonesia Polytron, Axioo, Mito, IMO, Cross,  Nexian, Tiphone. Ponsel merk asal dari negara Jepang Sony, Panasonic, Toshiba, Sharp, Kyocera, DoCoMo, Casio. Ponsel merk asal dari negara China K-Touch, Huawei, Haier, G-Tide, Lenovo, Oppo, ZTE. Ponsel merk asal dari negara Taiwan HTC, Acer, Asus, Ben Q. Ponsel Merk asal dari negara Korea Samsung,  LG. Ponsel Merk asal dari negara Amerika Serikat Apple Iphone, Motorolla. Ponsel Merk asal dari negara Kanada RIM blackberry. Ponsel merk asal dari negara Finlandia Nokia. Ponsel merk asal dari negara Jerman Siemens. Ponsel Merk asal dari negara Francis Alcatel, Sagem. Ponsel Merk asal dari negara Belanda Philips. Ponsel Merk asal dari negara Inggris Vertu Ti . Ponsel Merk asal dari negara Malaysia Ninetology, CSL Blueberry. Ponsel Merk asal dari negara Thailand I-mobile. Ponsel Merk asal dari negara Singapura MicXon. Ponsel merk asal dari negara India OliveSmart, Idea)
Tidak semua barang yang kita perlukan dibuat (diproduksi) di dalam negeri. Ada barang-barang yang didatangkan dari luar negeri. Sebaliknya, ada pula barangbarang yang dapat kita kirim ke luar negeri untuk memenuhi kebutuhan warga di negeri tersebut.
No.
Barang-barang yang Didatangkan dari Luar Negeri
Barang-barang yang Dapat Dijual ke Luar Negeri
1.
Bahan makanan : Beras, Negara asal : Vietnam, Thailand, Pakistan, India, Myanmar, dan lainnya. Jagung, Negara asal : India, Argentina, Brazil, Paraguay, Amerika Serikat dan lainnya. Kedelai, Negara asal : Amerika Serikat, Malaysia, Argentina, Ethiopia, Ukraina dan lainnya.
    Tanaman Obat, Rempah-rempah dan Makanan Olahan
    2.
    Barang Modal, Barang-barang modal merupakan jenis barang yang dibutuhkan untuk kegiatan produksi. Pembelian barang-barang modal ditujukan untuk menghasilkan barang lain. Selama ini, di Indonesia belum mampu menghasilkan semua barang modal yang dibutuhkan. Hal ini karena perkembangan teknologi di Indonesia yang masih terbatas. Meskipun demikian, ada juga barang-barang modal yang bisa dihasilkan sendiri, bahkan diekspor ke negara lain. Barang-barang modal sifatnya tahan lama. Barang-barang tersebut misalnya mesin pabrik, pesawat, alat alat berat, kapal, dan peralatan dan perlengkapan TNI/Polri.
    Minyak dan Gas :Indonesia merupakan salah satu negara penghasil minyak bumi. Ekspor minyak Indonesia ditujukan terutama ke negara Cina, Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Amerika Serikat. Gas alam diekspor dalam bentuk Liquefied Natural Gas (LNG). Gas alam telah diproduksi sejak tahun 1979 serta diekspor ke Jepang dan Korea Selatan.
    3.
    Bahan Baku, Indonesia mengimpor berbagai jenis bahan baku untuk kebutuhan industri. Bahan baku industri bisa berupa bahan baku pokok dan bahan pendamping. Contoh bahan baku yang diimpor adalah kapas untuk industri tekstil, obat-obat kimia untuk industri pupuk, komponen kendaraan bermotor, gandum untuk industri mi instan dan makanan olahan, plastik, dan besi baja.
    Pertambangan, Contoh bahan tambang yang diekspor adalah batu bara, besi, baja, timah, dan tembaga. Bahan tambang yang diekspor ada yang berupa bahan mentah dan ada yang sudah diolah menjadi bahan setengah jadi.
    4.
    Barang-Barang Konsumsi, Barang konsumsi merupakan barang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Barang konsumsi yang diimpor antara lain alat elektronik, kendaraan bermotor, susu, daging, beras, mentega, makanan kalengan, kosmetik, kedelai, dan obat-obatan.
    Kehutanan, Jenis kayu yang dihasilkan hutan Indonesia antara lain kayu mangrove, kruing, meranti, eboni, ulin, cendana, dan angsana. Pemanfaatan komoditas kehutanan untuk ekspor diawasi secara ketat oleh pemerintah.
    5.
    Minyak Bumi, Merosotnya produksi minyak di dalam negeri telah menurunkan ekspor minyak Indonesia. Di sisi lain, kebutuhan minyak di dalam negeri semakin meningkat karena meningkatnya jumlah kendaraan bermotor. Oleh karena itu, Indonesia juga mengimpor minyak. Minyak tersebut diolah menjadi produk bahan bakar minyak (BBM) yang digunakan untuk transportasi, pembangkit listrik, kegiatan industri, dan minyak tanah.
    Industri dan Kerajinan, Komoditas industri dan kerajinan meliputi berbagai produk yang sudah melewati proses pengolahan. Hasil olahan ini bisa berupa barang jadi atau barang setengah jadi. Contoh komoditas ekspor yang berupa barang jadi adalah alas kaki, kertas, karton, dan alat elektronik. Contoh komoditas ekspor yang berupa barang setengah jadi adalah bijih besi, bijih perak, dan getah karet.
    Suatu barang yang akan dijual biasanya ditawarkan terlebih dahulu. Bentuk penawaran itu berupa iklan. Perhatikan contoh iklan di bawah ini.
    Perhatikan dengan saksama kata-kata yang tertulis pada iklan tersebut. Tuliskan kosakata baru yang kamu temui dan artinya dalam tabel berikut. Kamu dapat mencari arti kata pada kamus.
    No.
    Kosa Kata Baru
    Arti
    1.
    Mebel
      Mebel adalah perabot yg diperlukan, berguna, atau disukai, spt barang atau benda yang dapat dipindah-pindah, digunakan untuk melengkapi rumah, kantor, dsb; furnitur
      2.
      Model
      Model adalah pola (contoh, acuan, ragam, dsb) dari sesuatu yang akan dibuat atau dihasilkan
      3.
      Modern
      Modern adalah terbaru; mutakhir
      4.
      Reproduksi
      Reproduksi adalah  hasil produksi ulang
      5.
      Klasik
      Klasik adalah mempunyai nilai atau mutu yg diakui dan menjadi tolok ukur kesempurnaan yg abadi; tertinggi
      6.
      Kontemporer
      Kontemporer adalah pada waktu yang sama; semasa; sewaktu; pada masa kini; dewasa ini:
      7.
      Finishing
      Finishing adalah suatu proses penyelesaian atau penyempurnaan akhir dari suatu proses pembuatan
      Ketika melakukan kegiatan mencari contoh-contoh iklan, Dayu mengetahui harga dua macam telepon genggam. Harga telepon genggam A: Rp800.000. Harga telepon genggam B: Rp1.000.000. Dayu membandingkan kedua harga telepon genggam tersebut.
      Harga telepon genggam A : harga telepon genggam B =800.00 :1.000.000= 800.000
      1.000.000
      Disederhanakan = 800.000800.000 : 200.0004
      1.000.0001.000.000 : 200.0005
      Oleh karena itu, perbandingan harga telepon genggam A dan B dapat ditulis:
      Harga telepon genggam A : harga telepon genggam B = 4 : 5

      Berapa selisih harga telepon genggam A dan B?
      Berapa jumlah harga telepon genggam A dan B?
      Perhatikan tabel berikut.
      No.
      Keterangan
      Bilangan
      1.
      Harga telepon genggam A
        Rp800.000
        2.
        Harga telepon genggam B
        Rp1.000.000
        3.
        Selisih harga telepon genggam A dan B
        Rp200.000
        4.
        Jumlah harga telepon genggam A dan B
        Rp1.800.000
        5.
        Perbandingan harga telepon genggam A dan B

        4
        5
        6.
        Perbandingan harga telepon genggam A dan selisih harga kedua telepon genggam
        800.000 =4
        200.0001
        7.
        Perbandingan harga telepon B dengan jumlah harga kedua telepon genggam
        1.000.000 =5
        1.800.0009
        Hitunglah banyak siswa di kelasmu, lalu lengkapilah tabel berikut.
        No.
        Keterangan
        Bilangan
        1.
        Banyak siswa perempuan
          15
          2.
          Banyak siswa laki-laki
          10
          3.
          Jumlah siswa
          25
          4.
          Selisih banyak siswa perempuan dan banyak siswa lakilaki
          15 - 10 = 5
          5.
          Perbandingan banyak siswa perempuan dan banyak siswa laki-laki

          3
          2
          6.
          Selisih banyak siswa perempuan dan jumlah siswa
          25 - 15 = 10
          7.
          Perbandingan banyak siswa perempuan dan jumlah sisw
          15 =3
          255
          8.
          Perbandingan banyak siswa laki-laki dan jumlah siswa
          10 =2
          255
          9.
          Perbandingan banyak siswa perempuan dengan selisih banyak siswa perempuan dan siswa laki-laki
          15 =3
          51
          10.
          Perbandingan jumlah siswa dengan selisih banyak siswa perempuan dan siswa laki-laki
          10 =2
          51
          Siswa SD Nusantara selalu hidup rukun. Suatu hari mereka bekerja sama membersihkan sampah dan merapikan tanaman. Di halaman sekolah terdapat 36 siswa. Perbandingan banyak siswa perempuan dan banyak siswa laki-laki adalah 4:5. Berapa banyak siswa perempuan? Berapa banyak siswa laki-laki?
          Bagaimana menyelesaikan permasalahan tersebut? Perhatikan dan pahami uraian
          berikut.
          Cara I:
          Banyak siswa perempuan : banyak siswa laki-laki = 4 : 5.
          Misalkan banyak siswa perempuan = 4n.
          Oleh karena itu, banyak siswa laki-laki = 5n.
          Jumlah siswa perempuan dan siswa laki-laki = 4n + 5n = 9n.
          Diketahui jumlah siswa = 36, sehingga 9n = 36 atau n = 36/9 = 4.
          Jadi, banyak siswa perempuan = 4n = 4 x 4 = 16.
          Banyak siswa laki-laki = 5n = 5 x 4 = 20.

          Cara II:
          Banyak siswa perempuan : banyak siswa laki-laki = 4 : 5.
          Banyak siswa perempuan Banyak siswa laki-laki Jumlah
          Banyak siswa perempuan.
          Banyak siswa laki-laki
          Jumlah
          4
          5
          9
          Banyak siswa perempuan = 4x 36 = 16 
          9
          Banyak siswa laki-laki = 5x 36 = 2o 
          9
          Perhatikan contoh iklan berikut.
          1. Barang apa yang ditawarkan dalam iklan tersebut?(payung lukis)
          2. Informasi apa saja yang kamu peroleh dari iklan tersebut?(kerajinan payung lukis tasikmalaya, Jawa Barat)
          3. Menurutmu, di dalam negeri atau di luar negerikah barang tersebut dibuat?(dalam negeri)
          4. Tuliskan arti kata-kata berikut. Tanyakan kepada orang tuamu, bapak/ibu gurumu, atau carilah artinya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.
          Banyak siswa perempuan Banyak siswa laki-laki Jumlah
          No
          Kata
          Arti
          1.
          damai
          tidak ada perang; tidak ada kerusuhan; aman: 
          2.
          indah
          dalam keadaan enak dipandang; cantik; elok;
          3.
          gotongroyong
          Gotong royong merupakan suatu istilah asli Indonesia yang berarti bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan
          4.
          kerja sama
          Kerjasama adalah suatu usaha antara orang perorangan atau kelompok manusia diantara kedua belah pihak untuk tujuan bersama sehingga mendapatkan hasil yang lebih cepat dan lebih baik.
          5.
          menghargai 
          Menghargai adalah menghormati keberadaan, harkat, dan martabat orang lain. Menghargai hasil karya orang lain artinya menghormati hasil usaha, ciptaan, dan pemikiran orang lain. 
          6.
          gaya hidup
          Gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman atau keinginan seseorang untuk mengubah gaya hidupnya. 

          Tidak ada komentar:

          Posting Komentar