Jumat, 30 November 2012

Kisi-kisi UN Bahasa Indonesia 2012/2013

Kisi-kisi UN Bahasa Indonesia 2012/2013. Ujian Nasional tahun ajaran 2012/2013 sudah dekat. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  melalui Badan Standar Nasional Pendidikan  atau BSNP  merilis kisi-kisi soal Ujian Nasional 2013. Perkiraan soal untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah itu mulai disosialisasikan di laman resmi BSNP sejak hari Selasa (20/11/2012). Materi yang dimuat dalam kisi-kisi dan akan diujikan dalam UN tahun ajajaran 2012/2013  tidak jauh berbeda dengan kisi-kisi soal UN 2012. Oleh karena itu, meski soal UN akan dibuat dalam 20 variasi, kita tak perlu khawatir. Persiapkan diri kita dengan belajar yang rajin dan tak mengenal menyerah. Berikut ini kisi-kisi Ujian Nasional Tahun 2012/2013 yang saya unduh dari Kemdiknas untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia
Kompetensi Indikator
1. Membaca
Membaca berbagai teks nonsastra berupa teks sederhana, laporan, pengumuman, petunjuk pemakaian, ringkasan,
makna kata, dan rubrik khusus, serta berbagai karya
sastra berupa puisi, dongeng, cerita anak, dan drama anak.
Disajikan teks bacaan 3 – 4 paragraf, siswa dapat:
  • menjawab pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa,bagaimana, atau mengapa) 
  • membuat kalimat tanya sesuai dengan isi salah satu paragraf 
  • menentukan ide pokok salah satu paragraf 
  • menentukan kalimat yang sesuai dengan salah satu paragraf.
Disajikan petunjuk penggunaan obat, siswa dapat menjelaskan penggunaan obat sesuai dengan tingkatan umur.
Disajikan petunjuk penggunaan sebuah produk yang diacak,siswa dapat mengurutkan dengan susunan yang tepat.
Disajikan rubrik khusus surat pembaca, siswa dapat menentukan kalimat saran dengan tepat.
Disajikan cuplikan pengumuman, siswa dapat menentukan isinya.
Disajikan teks drama, siswa dapat:
  • menentukan tokoh utama 
  • menentukan latar 
  • menentukan amanatnya.
Disajikan paragraf yang terdiri atas 4 kalimat, siswa dapat menentukan kalimat utamanya.
Disajikan teks percakapan, siswa dapat menyimpulkan isinya.
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat:
  • menyusun pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf 
  • mengartikan salah satu kata sulit dalam kalimat. 
  • Menentukan antonim salah satu kata yang terdapat di dalam paragraf.
Siswa dapat menentukan peribahasa sesuai dengan ilustrasi yang disajikan.
Siswa dapat menentukan ungkapan sesuai dengan ilustrasi yang disajikan.
Disajikan pantun, siswa dapat menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.
Disajikan dua teks, siswa dapat menentukan persamaannya
Disajikan jadwal perjalanan beberapa kendaraan berbagai jurusan, siswa dapat:
  • membuat pernyataan sesuai dengan isi jadwal 
  • menentukan kendaraan tertentu yang tepat sesuai dengan tujuan
Disajikan puisi, siswa dapat menentukan isi/ maksud yang terkandung di dalamnya.
Disajikan cuplikan cerita anak, siswa dapat menyimpulkan isinya.
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat:
  • menentukan isinya 
  • memperbaiki kalimat yang salah strukturnya.
Disajikan percakapan dua atau tiga orang, siswa dapat menentukan topiknya.
Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat:
  • menentukan ringkasannya 
  • menentukan temanya 
  • menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.
Disajikan teks puisi pendek, siswa dapat:
  • menentukan pernyataan sesuai dengan isi puisi 
  • menentukan makna kata pada puisi yang disajikan.
2. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk pemakaian, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, dan ringkasan dengan menggunakan ejaan dan pilihan kata yang tepat; menulis berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, parafrase, dan
pantun
Disajikan petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk yang runtut.
  • Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang padu. 
  • Disajikan dua kalimat tunggal, siswa dapat menggabungkan dengan kata hubung yang tepat. 
  • Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kata hubung yang tepat penulisan.
Disajikan surat undangan suatu kegiatan yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat efektif yang tepat.
Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat surat yang disajikan.
Disajikan cuplikan pengumuman yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan pilihan kata yang tepat.
Disajikan dialog antara dua atau tiga orang yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
Disajikan formulir dan ilustasi, siswa dapat melengkapi formulir sesuai dengan ilustrasi yang disajikan.
Disajikan teks pidato yang belum lengkap, siswa dapat:
  • melengkapi dengan kalimat ajakan yang tepat 
  • memperbaiki kalimat yang ejaannya salah.
Disajikan surat resmi yang di dalamnya terdapat kata yang tidak tepat, siswa dapat memperbaikinya dengan kata yang sesuai orang yang dituju.
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat membetulkan ejaan yang salah.
Disajikan laporan yang dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat.
Disajikan sebuah pantun yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat menyusun sebuah paragraf yang sesuai dengan maksud gambar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar